Rumah KPR Murah

Rumah KPR Murah

Rumah KPR Murah | Kredit rumah Murah | Cicilan Rumah Murah | Info WA 081314851327 Pin 74549194 Read More

Kredit Rumah Murah

Kredit Rumah Murah

Rumah KPR Murah | Kredit rumah Murah | Cicilan Rumah Murah | Info WA 081314851327 Pin 74549194 Read More

Cicilan Rumah Murah

Rumah KPR Murah

Rumah KPR Murah | Kredit rumah Murah | Cicilan Rumah Murah | Info WA 081314851327 Pin 74549194 Read More

Rumah KPR Murah

Rumah KPR Murah

Rumah KPR Murah | Kredit rumah Murah | Cicilan Rumah Murah | Info WA 081314851327 Pin 74549194 Read More

Cicilan Rumah Murah

Cicilan Rumah Murah

Rumah KPR Murah | Kredit rumah Murah | Cicilan Rumah Murah | Info WA 081314851327 Pin 74549194 Read More

Sabtu, 30 Maret 2013

Apa Yang Harus Diperhatikan, Sebelum Membeli Rumah?


Apa Yang Harus Diperhatikan, Sebelum Membeli Rumah?

Swadharma Pesona Residence | Info hubungi Asdianawaty 081314851327
Tips Memilih Rumah Idaman

Memiliki rumah sendiri adalah idaman semua orang, baik lajang maupun pasangan muda. Mendapatkan rumah idaman, bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Harga rumah yang semakin meningkat setiap tahunnya serta berbagai faktor lain semakin mempersulit untuk meraihnya.
Jika ingin membeli rumah, sebaiknya jangan melakukan dengan terburu-buru.

Di bawah ini adalah merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah:

1. Lokasi rumah
Lokasi rumah sangat berhubungan dengan akses rumah dari jalan dan kendaraan untuk mencapainya. Lokai rumah yang letaknya dekat stasiun atau jalan raya, umumnya memiliki lebih tinggi dibanding perumahan yang letaknya jauh dari jalan raya maupun stasiun.
Selain akses kendaraan, lokasi rumah yang dipilih juga sebaiknya berada di lingkungan yang aman dan tidak berisiko banjir saat musim hujan. Begitu juga fasilitas rumah, maka pastikan saat membeli rumah sarana seperti listrik, air bersih, dan sarana lainnya telah tersedia secara memadai.

2. Pengembang dan spesifikasi rumah
Perhatikan dan teliti dengan baik spesifikasi bangunan yang digunakan, seperti dinding - menggunakan batu merah atau batako, diplester atau tidak, di cat atau tidak, dinding pembatas dengan tetangga, hingga bahan kayu yang digunakan untuk kusen jendela dan pintu (menggunakan panel atau tripleks).
Perhatikan pula pembagian ruangan, kloset yang digunakan di WC (jongkok atau duduk), apakah ada bagasi motor atau mobil. Ketahui berapa daya listrik listrik yang diberikan, sumber air - apakah menggunakan PAM atau tidak (perumahan yang telah terjangkau PAM umumnya lebih mahal), sedangkan perumahan dengan sumber air kurang baik harganya akan lebih rendah. Spesifikasi rumah juga sangat tergantung dari pengembang yang mendirikannya, karena itu ketahui mana pengembang rumah yang memiliki reputasi bagus. Perhatikan pula surat-surat atau akta perjanjian jual beli yang dapat dipertanggungjawabkan.

Rumah kompleks yang dibangun dengan sistem borongan dari developer, umumnya memiliki kualitas bangunan yang buruk. Sistem sub-kontrak yang dilakukan secara bertingkat demi efisien, sudah menjadi rahasia umum rumah kompleks.
Karena itu, ketelitian dalam menilai kualitas bangunan rumah sangat diperlukan. Meski begitu tidak setiap bangunan dapat dibangun secara sempurna, karena itu siapkan mental untuk melakukan renovasi kecil-kecilan.

3. Fasilitas sosial dan hiburan
Kompleks perumahan umumnya akan dilengkapi dengan fasilitas sosial, seperti sekolah, rumah sakit, rumah ibadah, fasilitas hiburan seperti arena bermain anak, kolam renang dan sarana olahraga lainnya, taman, bioskop serta pertokoan.

4. Perbandingan harga
Pada saat membandingkan harga, perhatikan apakah harga tersebut sudah termasuk HGB, IMB, pajak, atau biaya lainnya. Karena elemen yang termasuk dalam nilai jual sangat bervariasi, pastikan untuk juga membandingkan dengan memperhatikan total harga yang ditawarkan pengembang. Tentukan terlebih dulu, apakah Anda ingin membeli rumah yang siap huni (ready stock) atau inden. Beberapa perumahan menyediakan unit yang siap huni untuk tipe yang lebih besar (biasanya tipe 45 ke atas), dan menetapkan sistem inden untuk tipe yang lebih kecil (biasanya tipe 36 ke bawah).
Lama inden bervariasi, ada yang 3 bulan, ada juga yang sampai setahun. Bila Anda tidak terburu-buru untuk menempatinya, membeli rumah dengan cara inden setahun ada untungnya, sebab uang muka biasanya dapat dicicil kira-kira 3-12 bulan. 

5. Sistem pembayaran
Sistem pembayaran dalam pemberian rumah ada yang tunai maupun kredit, keduanya dapat Anda pilih sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Berikut kiat untuk masing-masing sistem pembayaran tersebut:

- Membeli secara tunai

Bila membeli tunai, ada baiknya untuk langsung memikirkan pemeliharaan dan perawatan rumah setiap bulan. Biaya ini sudah harus mulai Anda anggarkan, secara jangka panjang. Salah satunya adalah biaya pajak tahunan dan biaya asuransi bila ingin membeli langsung. Keuntungan membeli tunai, ke depannya Anda tinggal menganggarkan biaya kebutuhan bulanan tanpa dibebani biaya cicilan. Yang harus diingat, sesuaikan kemampuan dengan tipe yang dibeli, jangan sampai mempengaruhi gaya hidup Anda.

- Membeli secara kredit

Cara yang paling ringan dalam mendapatkan rumah impian, adalah dengan menggunakan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan jangka panjang. Namun semakin panjang jangka waktu kredit yang diambil, semakin besar pula total bunga yang harus dibayarkan. Ambillah jangka waktu kredit yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda, sebab biaya cicilan akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan dalam jangka panjang. Jadi pertimbangkan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai merusak tatanan keuangan di masa depan.

- Cermat memilih perbankan
Saat ini banyak bank - baik pemerintah maupun swasta - yang menyediakan fasilitas KPR. Meski kini banyak bank yang gencar memberikan pinjaman dana yang cukup besar, namun ada baiknya Anda tidak mengambil cicilan yang melebihi 30 persen dari pendapatan bulanan Anda.

Persyaratan umum yang biasanya diperlukan untuk mengambil KPR adalah:

- Warga Negara Indonesia
- Berstatus karyawan, pengusaha, atau profesi
- Berusia maksimal 55 tahun saat kredit berakhir
- Telah bekerja/berusaha minimal dua tahun
- Penghitungan angsuran dari gaji kotor
- Rumah untuk dihuni sendiri

Semoga tips ini bermanfaat.

Swadharma Pesona Residence dapat menjadi alternatif pilihan anda untuk mendapatkan rumah murah dengan fasilitas KPR dari Bank BTN.  Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih detail.


Untuk Informasi hubungi

Asdianawaty

Phone : 0813 1485 1327
Email : asdianawaty@gmail.com
Whatsapp : 0813 1485 1327
Facebook : Asdianawaty
Twitter : Asdianawaty

1 komentar:

Poskan Komentar

Search

Memuat...